Para pengunjung blog
bisnis online, kali ini saya posting tentang beberapa istilah yang sering
dipakai dalam penawaran dari pihak yang menyediakan terbitkan iklan atau sering
kita kenal dengan istilah “publisher”. Beberapa istilah ini perlu kita pahami
sebelum bekerja via internet melalui media blog atau website berbayar untuk
mendatangkan hasil tambahan atau pendapatan untuk operasional kita setiap hari.
Istilah-istilah yang dimaksud dan artinya akan kita bahas berikut ini.
1.
Pay Per Click (PPC)
CPC merupakan bentuk iklan
yang dipasang oleh kita sebagai pemilik blog atau publisher. Bentuk iklan itu berupa
banner atau text. Iklan yang dimaksud disini yakni iklan yang disediakan oleh
website yang menyediakan program Advertiser dan Publisher. Posisi kita dalam
hal ini yakni sebagai orang yang menawarkan jasa dengan cara mendaftar pada
website penyedia layanan publisher, kemudian setelah blog yang kita daftarkan disetujui
maka kita akan diizinkan untuk menerbitkan iklan di halaman blog kita dengan
cara kopi paste kode iklan untuk dimasukan dalam blog. Kemudian iklan yang
muncul dalam blog kita, bila dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai negara
dan mengklik iklan tersebut maka kita akan mendapat bayaran yang nominalnya
untuk sekali klik telah ditentukan oleh pemilik website. Oleh karena itu maka
program mendapat penghasilan melalui sistem ini disebut “Pay Per Click. Ada
yang menyatakan bahwa kita akan dibayar berupa jumlah klik yang dihasilkan dari
para pengunjung unik. Unik disini yakni kliknya tidak disengaja atau didorong
oleh kita untuk mengklik, atau mengklik berulang-ulang. Jadi jumlah pendapatan yang
kita peroleh itu berdasarkan setiap klik dari pengunjung.
Besarnya pembayaran
berdasarkan sistem Pay Per Click (PPC) didasarkan pada negara asal pengunjung.
Bila para pengunjung itu dari negara-negara berbasis keuangan dollar seperti
USA dan Canada dan beberapa negara lain maka tentu nilai kliknya besar. Bila pengunjungnya
dari Indonesia maka hasil kliknya juga tidak sebanding yang dollar.
Jadi silakan pilih program
penerbit iklan (publisher) berdasarkan target asal pengunjung. Apakah luar
negeri atau dalam negeri. Misalnya kita mendaftar menjadi publisher di PPC
yllix dan yang lainnya
2.
Cost Per Click (CPC)
Cost Per Click adalah
sebuah sistem yang dirancang untuk memberi penghasilan kepada pemilik maupun
penerbit iklan. Dalam sistem Cost per Click perhitungan terhadap harga iklan
online pada sebuah blog atau website berbayar yang pembayarannya didasarkan
pada jumlah klik yang didapat dari pengunjung blog baik berupa direct traffic
ataupun traffic dari serach engine yang ada di dunia online seperti google.
Jadi, pada waktu kita
mendaftar jadi publisher maka kita harus memilih. Biasanya ada juga website
penyedia layanan publisher yang menyediakan kombinasi, misalnya kombinasi CPC
dan CPA. Ada pula yang secara tersendiri, misalnya hanya CPC, CPA dll. Di
Accesstrade lebih banyak menyediakan CPA. Silakan mencoba di Accesstrade.co.id
3.
Cost Per Mille (CPM)
Kata mille dalam sistem
ini berarti 1000. Dikatakan demikian karena mille berasal dari bahasa Latin, mille
berarti 1000. Apa artinya dalam sistem online. Artinya sistus penyedia layanan
publisher dengan sistem Cost per Mille akan membayar kita sebagai penerbit
iklan atau pengiklan melalui blog yang perhitungan biaya untuk kita itu
didasarkan pada perhitungan per 1000 kunjungan/view.
Pada sistem ini, iklan
yang muncul melalui website atau blog tidak harus diklik oleh pengunjung. Akan
tetapi jika tidak berhati-hati maka script iklan membuat redirect ke situs
lain. Artinye pengunjung akan diarahkan otomatis ke situs pengiklan dari blog
yang terpasang iklannya. Bila ini terjadi maka kita belum kebagian rejeki
(alias belum menghasilkan uang). Tapi jangan pantang menyerah tetapi teruslah
berjuang. Untuk menambah pengalaman cobalah di FinditQuick.
4.
Cost Per Leaad (CPL)
Sistem cost per lead (CPL)
merupakan suatu sistem dimana melalui iklan yang diterbitkan di iklan, kemudian
pada saat pengunjung mengunjungi blog dan mengklik dan tertarik untuk mendaftar
(Sign-Up atau Registrasi) maka kita dibayar berdasarkan registrasi tersebut.
Pendaftaran yang dimaksud seperti pengunjung mendaftar dengan mencantumkan
nama, email, alamat, dll. Tetapi hati-hati bila ada yang meminta nomor kartu
Kredit, sebaiknya dihindari.
5.
Cost Per Action (CPA)
Saya melakukan sistem ini
di Accesstrade.co.id. Ada beberapa pemilik produk atau jasa layanan yang hendak
mempromosikan usahanya melalui iklan berupa banner dan link teks. Saya kemudian
mengadakan review setiap produk atau jasa layanan yang telah menyetujui permohonan
pendaftara saya melalui dasbor Accesstrade, bila diterima maka akan tertulis
TERDAFTAR. Berdasarkan pengalaman ini maka saya sedikit mengerti tentang CPA.
Awalnya rasanya berat, inginnya hanya CPC, tidak mau repot-repot buat
penjelasan, cukup memunculkan iklan di blog dan bila ada yang klik maka kita
dapat bayaran yang kisarannya 300 – 400 rupiah perclik. Namun setelah saya
berusaha mereview dan menerbitkan produk di blog ada yang tertarik dan
membelinya, nominalnya lebih besar dari CPC.
Jadi, CPA adalah sistem
yang ditawarkan kepada penerbit iklan (pemilik blog) bila ia setuju mengadakan
review dan pengunjung mengklik melalui Iklan dan berusaha membelinya maka telah
terjadi “action”. Melalui aksi pengunjung membayar inilah kita mendapat penghargaan
atau komisi yang lumayan besar. Untuk belajar sistem ini silakan kunjungu
Amazone, atau yang terbaik di Indonesia yaitu Accesstrade Indonesia. Saya sudah
menjadi publisher disana. Ada tiga blog saya yang lolos diterima di
Accesstrade.co.id. Silakan daftar melalui link ini. Intinya sistem ini sangat
berbeda dengan PPC, PPC hanya butuh klik kemudian kita dibayar, sedangkan CPA
berdasarkan aksi yaitu mendaftar menjadi anggota atau mendaftar untuk membeli
produk.
6. Pop-Up & Pop-Under
Berdasarkan pengalaman
saya di popads dan popcash saya kemudian mengerti tentang sistem ini. Walaupun
pengertian saya tentang sistem ini belumlah terlalu mendalam. Pada sistem ini, menurut beberapa sumber
online menyatakan bahwa jenis iklan pada dasarnya memiliki hasil akhir yang
sama tapi memiliki aksi yang berbeda.
Konkritnya bila sistem
publisher yang kita ikuti adalah Pop-Up dan Pop-Under maka akan akan tampil sebuah
iklan pada saat membuka blog. Jadi setiap pengunjung yang mengunjungi blog kita akan ketemu atau muncul iklan secara tiba-tiba di halaman blog. Dalam hal ini, Pop-Up
dapat diartikan sebagai sebuah program yang menampilkan iklan yang muncul secara
tiba-tiba ketika pengunjung mengunjungi atau membuka blog kita, pengunjung blog
tidak melakukan apapun. Sementara Pup-Under berbeda yaitu iklan hanya akan
muncul jika pengguna melakukan klik pada halaman blog, baik itu klik url
ataupun hanya sekedar klik halaman kosong. Inilah sistem iklan jenis Pop yang
muncul dalam blog kita. Bayangkan saja bila terlalu banyak maka pengunjung blog
akan bosan, merasa tidak nyaman. Jadi jangan terlalu banyak popup. Cobalah
sistem ini di PopAds dan Popcash. Saya sudah mencoba dua website ini dan sedang berproses untuk mencapai impian. Bila anda mendaftar jadi publisher di popcash akan melihat kemajuan penghasilan yang secara signifikan. Coba mengunjungi blog lain yang sudah menghasilkan dollar dari usaha menjadi publisher di popcash. Saya belum bisa tunjukkan hasil karena belum saya mewujudkannya, suatu saat pasti. Doakan saja.
Terimakasih untuk penemu blogspot, Google dan pemerintah Indonesia dan juga semua pemerintahan di dunia yang menjamin berlangsungnya kelangsungan komunikasi online. Khususnya Amerika Serikat karena sejarah internet dan perkembangannya tidak bisa dilepaskan dari sebuah kebebasan ilmiah di Amerika. Terimakasih juga untuk seluruh anak bangsa Indonesia yang ikut berjuang mewujudkan internet di Indonesia. Akibat perjuangan "kalian" saya boleh berkarya melalui teknologi website walaupun melalui jalur Free. Saya tidak malu menggunakan yang gratis tetapi bangga menggunakan blogspot. Hidup Blogspot. Hidup Google dan semua yang berkarya dalam Google.
Kiranya bermanfaat
meningkatkan pemahaman
Salam
Yonas Muanley