Wednesday, March 18, 2020

Peringkat Blog 10 besar Google Kembali Stabil

Bisnis online 13265. Membuat blog berbasis blogger sangat menyenangkan saya. Tidak ada bosannya saya menulis dan mempublikasi artikel di tulisan. Salah satu blog yang focus pada bisnis online yaitu blog dengan tema “Bisnis Online 13265.” Blog ini saya buat beberapa tahun lalu. Peringkatnya di google sangat baik yaitu bertengger pada urutan 1-8 Google dengan kata kunci “bisnis online 13265”. Artinya bila pengunjung ketika kata ini dalam google maka akan muncul blog ini pada urutan 1-8.
Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai ada usaha dari orang-orang tertentu, salah satunya yaitu ada seorang pemilik blog yang mengkopi paste artikel saya dengan kemiripan dalam hal:

1. Tanggal publikasi
2. Jam publikasi
3. Tahun publikasi
4. Artikel yang dipublikasi

Baca juga: Laporan ke Google DMCA sangat Efektif

Jadi, persis seperti postingan yang saya terbitkan di blog “Bisnis Online 13265”. Bedanya hanya alamat blog, sedangkan URL-URL dari artikel yang diterbitkan sama persis dengan URL-URL artikel saya dalam blog yang saya sudah sebutkan. Kesamaan ini disebabkan karena sang pemilik blog kopi paste menggunakan autoblog untuk mengkopi paste seluruh artikel yang saya terbitkan. Artikelnya sama persis dengan artikel saya, tanda baca juga sama.

Setelah saya mencari informasi di google, lalu saya dapat informasi bahwa tindakan kopi paste artikel ini tidak boleh dibiarkan. Bila diabiarkan maka akan merusak popularitas artikel saya di mata mesin pencari seperti google. Mesin Google akan menganggap artikel saya dan URL saya adalah “dublikat konten” dan “dublikat url”. Dengan menyadari masalah ini, saya kemudian memutuskan untuk melapor ke Google DMCA. Hasilnya ada beberapa artikel yang dihapus. Kemudian di tahun 2020, tepatnya di bulan Maret ini, saya melaporkan seluruh artikel yang dikopi paste oleh blog dengan alamat “bisnisdollar24hours.blogspot.com, ada 34 artikel yang saya laporkan. Beberapa dinyatakan dihapus, sementara yang lain masih dalam antrian. Namun setelah laporan itu, saya mengunjungi kembali lagi blog yang saya duga kopi paste. Ternyata sudah dihpaus. Lalu saya lapor lagi ke Google DMCA bahwa beberapa URL yang saya laporkan tidak akan ditemukan kontennya karena blog sudah dihapus. Saya juga mencantumkan satu URL dari blog kopi paste yang terindeks di Google dan berada pada urutan ke-5 dari pencarian di mesin google dengan kata kunci: Bisnis Online 13265.
Setelah itu saya melihat tidak ada lagi tampilan di laman 10 besar google untuk kata kunci sesuai tema blog saya. Dengan demikian beberapa prinsip yang hendak saya sampaikan disini, yakni:

1. Cari tahu perubahan peringkat blog

Bila peringkat blog Anda masih ada pada peringkat 1 dan disusul lagi dengan peringkat berikutnya untuk artikel yang Anda posting dan mendapat rangking yang baik sehingga google menampilkan dalam urutan 1-10 atau paling tidak urutan 1-7 maka segera cari tahu apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah artikel anda dikopi paste dalam jumlah banyak di blog tertentu maka periksa secara teliti blog tersebut. Setelah memastikan ada dugaan kopi paste maka buat laporan ke Google DMCA.

2. Peringkat blog mulai berkurang

Artikel yang anda posting bila sesuai dengan tema blog yang anda buat maka google akan menampilkan dalam laman untuk tema blog yang sama. Seperti di blog Bisnis Online 13265. Ada banyak postingan artikel saya, lalu google mengurutkan artikel-artikel saya dalam urutan 1 sampai 8 untuk kata kunci Bisnis Online 13265. Dengan demikianketika saya atau pengunjung mengunjung blog saya dengan kata kunci ini atau kata kunci yang ada hubungan dengan tema blog saya maka google akan menampilkan 10 laman teratas, blog saya menduduki peringat 1-7. Namun karena ada blog yang kopi paste dan mulai terindeks google dan mensejajarkan dengan blog saya maka beberapa artikel saya mulai tergeser. Dengan demikian peringkat yang bertahan hanya 1 sampai 3, sedangkan 4-7 ditempati blog lain. Namun setelah laporan ke Google DMCA dan mendapat respon yang baik berupa penghapusan url-url yang dilaporkan oleh saya maka peringkat blog saya kembali normal. Blog saya mulai menguasai peringkat 1-7 dengan kata kunci dari blog saya seperti yang saya sebutkan di atas.

3. Peringkat blog Kembali Stabil

Setelah saya melaporkan seluruh artikel blog saya yang dikopi paste dan mendapat jawaban postif berupa penghapusan url-url yang dilaporkan maka hari ini 19 Maret 2020, saya melihat peringkat blog saya kembali normal atau stabil seperti semula. Blog saya berada pada 10 besar halaman google. Berikut saya tampilkan tangkapan layar dari kedudukan blog saya di mesin pencari google dengan kata kunci yang saya sebutkan di atas.


Berdasarkan tangkapan layar yang dilakukan pemilik blog bisnis online 13265, seperti yang dipaparkan di atas, jelas nampak blog saya berada pada urutan 1 sampai 7 sedangkan peringkat 8 sampai 10 adalah blog lain yang memakai kata kunci (lihat yang dikotak merah dalam tangkapan layar di atas) yang sama dengan saya tetapi tidak kopi paste artikel saya. Sedangkan peringkat 8 adalah blog saya namun saya menghapus url karena ekstensinya pe dan bukan com, sementara saya menggunakan alamat blogspot dengan ekstensi com dan co.id dan bukan pe. Itulah sebabnya saya hapus. Akibatnya artikel blog tersebut tidak ditemukan.

Melihat tampilan tangkapan layar yang saya cantumkan di atas, blog saya mulai stabil uurutannya di halaman google. Sebelum saya lapor blog kopi paste artikel, blog saya disaingi dengan blog lain yang menggunakan kata kunci yang saya pakai. Peringkat yang terjadi dalam blog ini sesuatu yang luar biasa. Artinya blog saya dapat menguasai tangga 1 sampai 7 dari google, bahkan harapan saya adalah sampai 10 dikuasai oleh blog saya.
Peringkat blog menjadi stabil karena beberapa url dari artikel saya yang saya laporkan ke Google DMCA telah diresponi secara baik, termasuk url yang masih muncul dalam laman 10 besar google untuk kata kunci atau tema blog saya. Bagian ini saya sudah tulis dalam artikel Lapor ke Google DMCA sangat Efektif

Ya untuk membuat blog kita stabil, selain lapor ke DMCA ketika artikel di kopi paste, tetapi kita juga dapat belajar SEO melalui belajar secara blneded learning tentang SEO. Kegiatan blended Learning SEO dtempuh melalui belajar online di Internet dan kursus-kursus SEO yang menyediakan kelas tatap muka tetapi juga kelas online. Dengan pengetahuan SEO yang baik maka kita dapat membuat blog kita stabil di
Demikian tulisan ini dan semoga bermanfaat

Salam
Yonas Muanley


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.